Jumat, 25 November 2011


I  M  T   G T
Indonesia Malaysia  Thailand Growth Triangle

This night, jam 12 kurang 15 menit, hah..... sedari tadi i just wanna go home and write some notes, pengen banget mneuliskan semua yang aku lihat, aku denger dan aku rasakan mulai jam 5 sore aku udah di kampus, just for one reason,
I WANT TO SEE THE OPENING OF IMT GT , excited banget rasanya lihat orang Thailand yang selama ini hanya aku lihat di movie, misalnya di Suckseed, Bangkok Traffic love, Love of Siam, and many more..
Kalo liat orang Malaysia sih, aku nggak terlalu pengen, wong... kek nya sama aja sama orang indo iya kan????
Bahasa nya aja sama, beda beda dikit aja...
Aku buru buru kekampus, soalnya kan even ini agak besar, kan udah melibatkan 3 NEGARA, udah bisa dong digolongkan sebagai even internasional, kompakan deh kita sama temen temen satu kos diajakin semua, just to see that opening, rada rada gimana gitu.
Sesampainya dikampus, wahhh atmosfernya udah terasa, udah banyak yang aku lihat memakai berbagai macam baju daerah, entah itu daerah Indonesia atau bukan, pokoknya bling bling deh...
Nunggunya lama sih, yah... kita nggak punya koneksi panitia, jadi nggak tahu bukanya jam brapa, ada yang bilang jam 8 malam, ada yang bilang jam 5 sore, hah... geje deh..
Kami duduk di baris keempat dari belakang, berhubung panitia bilang yang bisa diisi hanya 5 bangku dari belakang, walaupun akhirnya kita diusir karena banyak tamu yang nggak dapat bangku, kasian juga sih ngeliat tampang bingungnya tuh kontingen. Lagian panitianya sih kok nggak mengatur tempat duduk, tuh gedung audit kan terbagi bagi, yah harusnya panitia membagi jumlah bangku sehingga setiap kontingen bisa berkumpul bersama kontingennya masing masing, lah panitia malah ngebiarin tuh kontingen berserak, ada yang di sayap kanan, ada yang disayap kiri, ada yang diatas.. hohhhh.... MERAP
Akhinya kita pindah keatas, nggak peduli deh mau dimanapun pokoknya bisa lihat, jarang jarang loh ada even sebesar ini..


PROUD TO BE BATAK

Yes, i’m batak, pure batak, ga ada campurannya deh, aku ini emang batak TOBA asli. Seneng banget rasanya bisa menampilkan budaya batak kemata orang lain yang bahkan sangat asing sama budaya batak. Tercengang dan takjub melihat keindahan budaya sendiri, aku batak toba, lahir dan besar ditengah pengaruh budaya simalungun, tumbuh digereja dengan mayoritas orang karo, dan dimasa SMP SMA aku banyak bergaul dengan orang pakpak, dan aku juga tinggal di tanah pakpak.
Ssuer.. aku benar benar jatuh cinta dengan budaya ku sendiri, budaya yang sebenarnya sudah sejak lama aku miliki bahkan sejak sebelum aku lahir. Thanks God for making me bataks.
Selanjut nya aku menikmati tarian dari Malaysia, dari 3  universitas di Malaysia hampir sama sih semuanya tariannya, aku bilang itu tarian pencak silat...(temenku bilang itu menandakan kalau Malaysia tukang berantem... hahahhah... ada ada aja....) tapi emang yang pertama itu tari pencak silat sih kalo aku bilang, yah aku memang nggak punya sense of tari yang bagus, dan dalam setiap tarian lelaki  sepertinya lebih dominan, apalagi di tari yang pertama, entah dari universitas mana aku nggak tahu, kalo yang kedua keren sih, ada unsur chinese dan hindush nya, pake kipas kipas, nah yang ketiga hampir sama juga pake kipas kipas, tarian chinese dan india, tapi kalo yang tari kipas kipas, kan ada cowok ditengah yang nggak pake kipas kipas, nah lo.... kipasnya mana bang, ketinggalan atau memang nggak pake kipas...
          Nah kalo Thailand, yang pertama sampe yang kedua sih sama aja, sama kek tarian yang pernah aku lihat sekilas difilm A LITTLE THING CALLED LOVE, Filmnya Mario Maurer loh... kemayu kemayu, nggak jingkrak jingkrak kek tari batak atau silat kek tari Malaysia, mereka itu lembut den menandakan kemefiniman dan nggak ada cowoknya yang nari , tapi suerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr..... jadi ngantuk aku...
Nah penampilan ketiga dari Thaksin University, mula mula ada 2 penari masih dengan gerakan yang kemayu kemayu, lalu penari tunggal, juga kemayu... mereka kepinggir dan agak lama mereka bertiga menari ... then.... hhahhhh mereka bawa bambu panjang panjang, entah untuk apa...
Disini bagian yang menakjubkan, kalau yang ini memang beda sama 2 kontingen yang dari Thailand tadi, beda banget malah,,, yang ini enerjik lincah... tapi takutku kejepit pula orang itu di bambu,,,,
Membutuhkan konsentrasi yang penuh...
Finally, kami pulang, belum siap sih, tapi capek banget... ditengah jalan ada orang malay.... ngajak ngobrol dikit, eh tu orang malah nanya diskotik deket sini ada ga, yah ku bilang aja ada, namanya apa, Danau Toba yah..., hohhhh masa diskotik namanya danau Toba, ya enggak lah... bisa bisa lagu Nahum Situmorang pula dipasang disana, emang bisa buat ajib ajib, namanya Barcelon aku bilang, pernah kesana ? ah... belum, kenapa ? yah... aku disuruh ortu kan sekolah, aku bilang aja, everything have a time, nanti deh aku kesana (nantinya kapan???? Macam betul aja, nanti aku kesana buat nyebarin agama nasrani... heheh)
Ok david, kau kehabisan kata kata, atau memang udah keseringan ke diskotik sih, atau di Malaysia diskotik itu dilarang???????????
Hahha... kalau di Indonesia mah... banyak, dilarangnya pada waktu tertentu aja,....
Ok then.. nice to meet you and welcome to Medan...
Tapi tunggu dulu, tarian yang terakhir, aku nggak tahu dari universitas mana, tapi rasanya kok mirip sama tarian dari Kalimantan ya.....???? hatiku tidak rela, but i just keep that in my heart...
Tapi jangan sekali kali mengklaim budaya batak ku, hohhhh panjang ceritanya, orang batak jangan dilawan sotung annongan...
We are brother so we must help each other, respect each other and love each other...


Ok.... HORAS...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar